Kamis, 07 September 2017

Tiga Fakta Sir John Cornforth, Google Doodle Indonesia 7 September 2017

Sir John Cornforth/THE GUARDIAN

Sir John Cornforth, ilmuwan peraih nobel, menjadi Google Doodle pada hari ini, Kamis, 7 September 2017. Sir John Cornforth merupakan salah satu sosok yang berjasa besar di dunia ilmu pengetahuan. Ia meraih Nobel Kimia pada tahun 1975 untuk karyanya mengenai stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

Berikut ini tiga fakta dari Sir John Cornforth.


#1. Sir John Kehilangan Pendengaran Ketika Remaja


Sir John Cornforth lahir di Sidney, Australia pada 7 September 1917 dengan ayah berkebangsaan Inggris dan ibu dari Australia. Ia menghabiskan masa kecilnya di Australia. Sejak kecil, ia tertarik pada bidang kimia dengan eksperimen di ruang cuci rumahnya.

Sejak berusia 16 tahun, Cornforth sudah kehilangan pendengarannya. Saat itu, ia mulai belajar di Universitas Sydney. Karena Cornforth tak dapat mendengar ceramah dosen, dia memusatkan perhatian dalam bidang kimia organik.

#2. Sir John Conforth dan istri sama-sama ahli di bidang kimia


Sir John Conforth  mempunyai kisah cinta yang hebat melalui terobosan ilmiahnya. Sir melanjutkan studi di Universitas Sydney. Di sana ia berjumpa dengan Rita Harradence, seorang rekan mahasiswa kimia. Mereka mendapatkan beasiswa untuk penelitian pascasarjana di Oxford.

Pada hari yang menentukan di universitas, Cornforth bertemu dengan rekan ahli kimia Rita Harradence. "Dia telah memecah labu ukur di laboratorium dan meminta kepada Cornforth - seorang pembuat gelas yang cakap - untuk memperbaikinya. Dengan demikian mulailah sebuah kemitraan profesional dan romantis yang panjang," kata Google.

Pasangan ini lalu menikah pada tahun 1941 dan kemudian menulis lebih dari 40 makalah ilmiah bersama-sama. Mereka mempunyai seorang putra dan dua putri.

#3. Peraih Nobel Kimia


Cornforth meneliti struktur tiga dimensi stereokimia dari berbagai reaksi kimia. Untuk penelitiannya tersebut, ia lalu dianugerahi hadiah Nobel pada 1975. Ia meraihnya dengan Vladimir Prelog.

Cornforth meninggal dunia pada 8 Desember 2013, dalam usia 96 tahun. Hidupnya dikenang dalam sebuah obituari Telegraph. Google merayakan ulang tahun dan mengenang jasanya dengan membuat google doodle dirinya.

Google Doodle itu menayangkan karikatur Sir John Cornforth. Dia muncul dengan kacamata yang menjadi ciri khasnya. Google juga melengkapi karikatur itu dengan alat-alat laboratorium kimia dasar.